Insomnia (kembali?) juga

Sebenarnya sejak beberapa bulan belakangan tidak pernah yang namanya tidur melewati jam tidur yang ditetapkan oleh ahli-ahli kesetanan (eh, kesehatan) sebagai waktu tidur yang baik bagi seseorang untuk melewati malam, bahkan bisa dibilang sejak masa-masa perjuangan (skripsi) berakhir saya sudah tidak pernah lagi untuk tidur diatas jam 12 malam. Bukan karena saya cepat mengantuk, hanya saja saya selalu membiasakan untuk tidur dibawah jam 12, ya sekalian karena kebiasaan lari pagi yang menjadi pembuka aktivitas dipagi hari.

Namun malam ini sepertinya berbeda, hingga tulisan ini dibuat dan angka penunjuk waktu di laptop saya menunjukkan jam 02.30 pagi, saya tetap tidak bisa memejamkan mata. Mungkin ini akibat saya tetap berlama-lama didepan laptop sehingga, yang kata ahli kesehatan kalau laptop atau elektronik memancarkan efek sinar biru, membuat saya tidak dapat segera menjemput alam mimpi. saya tetap terjaga.

Alhasil, saya menghabiskan waktu tak tidur ini dengan mengintip beberapa artikel berita serta blog yang saya kunjungi, disertai dengan kegiatan membaca. Untuk melewati malam yang telah berganti menjadi pagi ini saya juga ditemani oleh beberapa daftar lagu yang diputar oleh clementine. Saya juga mereview beberapa target yang telah saya buat untuk mengisi minggu-minggu ini dengan beberapa kegiatan yang akan saya lakukan, dan pada akhirnya minggu ini saya tidak bisa melengkapi target tersebut, ada beberapa target yang tidak terlaksana tepat pada waktunya.

Rintik hujan juga menemani malam-malam sepi ini, walaupun demikian tidak membuat saya untuk mematikan pendingin ruangan barupa kipas angin ini, yang tetap setia berputar walaupun telah dihidupakan hampir 24 jam nonstop.

Kembali ketema awal tulisan ini dibuat, saya sebenarnya tidak yakin kalau saat ini saya mengalami insomnia, lagi. Karena sudah sekian bulan saya tidak membiasakan diri saya untuk tidak tidur melewati jam tidur sehat yang ditentukan. ya, beberapa pendapat yang saya baca mengenai insomnia menyatakan jika insomnia dipicu oleh beberapa penyebab dan kebiasaan, membiasakan tidur tidak tepat waktu dan rutin adalah salah satunya. 

Jadi, malam ini mungkin hanya sebuah kejadian "tidak bisa tidur" yang saya rasakan dan, aih, sudah cukup saya merasakan insomnia ketika masa SMA dan awal-awal menjadi mahasiswa muda. Malam-malam yang selalu ditemani oleh kebulan asap serta beberapa shoot Vodka (halah!) Yang jelas, kebiasaan tidur seperti ini tidak boleh dibiarkan, ya walaupun saat ini saya bisa membaca beberapa materi serta tulisan-tulisan yang beredar luas terbentang di dunia maya. Entahlah, kepala juga sudah agak terasa tidak nyaman untuk diajak bekerja sama, biarlah pagi ini dimulai dengan sepotong tulisan mengenai insomnia, karena hampir bisa dipastikan pagi ini saya tidak bisa untuk melakukan jogging pagi lantaran waktu tidur yang tersita dan akan dilampiaskan hingga menjelang tengah hari sepertinya. Dan juga semoga dengan dipublishkannya artikel ini, seketika saya dapat menjemput alam mimpi, ah indahnya. Dengan ditemani suara indah Bon Iver untuk menemani tidur saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melanjutkan Studi Doktoral dan (Kebimbangan) Memilih Topik Penelitian Bagian 1

Hidup dan Beradaptasi

“Short Time” di Kuala Lumpur